Banyak Lulusan Diserap Dunia Usaha, Sekda Apresiasi Guru SMKN 2 Banda Aceh

By Abdi Satria


nusakini.com-Banda Aceh- Sekretaris daerah Aceh Taqwallah didampingi Kadis Pendidikan Aceh Alhudri, meninjau ruang praktik siswa dan perbengkelan di SMK 2 Kota Banda Aceh yang berada di kawasan Lhong Raya, Kota Banda Aceh.

Pada kesempatan itu, Taqwallah turut mengapresiasi kerja keras dewan guru dalam mendidik murid SMK 2 Banda Aceh. Apalagi diketahuinya, dari tahun ke tahun, cukup banyak lulusan SMKN 2 Banda Aceh diserap dunia usaha dan industri.

Seperti tahun 2021, ada 167 lulusan vocational school tersebut diterima di tempat kerja.

Dirinya juga mendapatkan informasi dari kepala sekolah jika ada dua orang diantaranya diterima kerja sebelum mereka lulus. Serta ada belasan lulusan siap di berangkat ke Jepang dan satu orang dipanggil kerja di Jerman.

Sekda kemudian meminta kepada semua untuk memiliki persepsi yang sama jika lulusan SMK harus bisa mendapatkan lapangan pekerjaan, sebagai bukti suksesnya belajar.

Pada setiap kunjungannya ke SMK, Taqwallah, selalu berpesan agar sekolah kejuruan di Aceh harus mampu menghasilkan lulusan yang terampil sehingga siap untuk berkiprah dalam berbagai bidang dunia kerja.

Dirinya menyampaikan bahwa Pemerintah Aceh membutuhkan guru dan kepala sekolah yang kreatif dan tidak mengeluh. Karena ada dua hal yang menjadi sorotan penting dalam membenahi SMK, yaitu guru berkompetensi sesuai jurusan dan fasilitas laboratorium praktek yang memadai. (rls)